Pernahkah Anda membayangkan jika kardus bekas bisa diubah menjadi sepeda? Bukan sulap, bukan sihir, seorang pria dari Israel ini menciptakan sepeda yang sebagian besar dibuat dari daur ulang kardus. Biaya untuk membuatnya pun hanya $12. Penasaran seperti apa?

Sepeda kardus ini disebut-sebut sebagai solusi bagi penduduk kota yang membutuhkan cara murah nan ramah lingkungan nan untuk transportasi mereka. Sepeda ini juga bisa menjadi moda transportasi untuk masyarakat di negara berkembang. Dan jangan salah, bentuk sepeda ini tidak terlihat seperti kardus bekas. 

Izhar Gafni yang bekerja sebagai mechanical engineer dan sekaligus sebagai pecinta sepeda terinspirasi untuk membuat sepeda kardus setelah ia mendengar obrolan mengenai seseorang yang membuat kano dari bahan yang sama. Proyek tersebut memakan waktu 3 tahun, dengan memproduksi beberapa prototype sebelum akhirnya menetapkan desain yang mudah, kuat dan cocok digunakan sehari-hari.


Sepeda kardus ini dibuat secara bertahap. Pertama-tama, kardus dipotong menjadi bentuk yang diinginkan, kemudian kardus tersebut dilipat dan dipress beberapa kali, yang akan membuat kekuatan struktur menjadi meningkat tajam. Kardus kemudian dibuat lebih kuat dengan lapisan rahasia yang dirancang sendiri, sebelum akhirnya dicat dan dirakit.

Dengan berat sekitar 9 kg, sepeda kardus ini cukup ringan untuk sepeda ukuran dewasa, yang biasanya berbobot sekitar 14 kg. Bagaimana jika hujan turun, mengingat sepeda terbuat dari kardus? Jangan khawatir, sepeda ini dapat menahan paparan air dan kelembaban serta mendukung pengendara dengan berat hingga 220 kg. Ban sepeda ini dibuat dari ban mobil bekas, dengan timing belt mobil sebagai rantainya.

Sementara proses produksinya masih disempurnakan, Gafni yakin jika sepeda buatannya ini dapat dijual dengan harga $20. Wow.. harga yang cukup murah untuk sebuah sepeda. Selain murah, sepeda ini juga ramah lingkungan, tidak menimbulkan polusi dan menggunakan bahan daur ulang. Ke depannya sepeda ini akan diproduksi untuk ukuran anak-anak dan dewasa. Hmm.. tidak sabar rasanya untuk melihat sepeda ini diproduksi massal.. :)

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
haikal efendi Search Knowledges © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top